4 Cara Mengetahui Keaslian Batu Combong

cara mengetahui keaslian batu combong

Cara Mengetahui Keaslian Batu Combong

Batu combong sekarang mulai popular. Banyak sekali penjualnya. Hampir disetiap toko, pedagang kaki lima, maupun yang dijual secara online, semuanya menjual batu combong.

Dengan semakin banyaknya yang menjual batu combong tentu saja akan ada penjual yang menjual batu combong palsu. Jika Anda tidak bisa membedakan mana batu combong asli dengan yang palsu, Anda akan menjadi sasaran empuk para penjual nakal ini.


Baca Juga :


Sebenarnya untuk mengetahui keaslian batu combong bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan alat dan cara manual. Cara manual ini pada dasarnya adalah dengan cara meneliti karakteristik dan mengenali ciri-ciri dari batu combong asli.

Berikut ini adalah cara mengetahui keaslian batu combong :

1. Batu Combong Asli Lebih Berbobot

Batu combong asli memiliki berat lebih berbobot daripada yang palsu. Jadi Anda hanya perlu merasakan beratnya saja sudah bisa membedakanya mana batu combong yang asli dan palsu. Jika masih kurang yakin Anda bisa menimbangnya dengan alat.

2. Memiliki Serabut / Urat Batu

Batu combong asli memiliki serabut atau urat batu yang akan terlihat jelas jika terkena cahaya. Coba arahkan batu combong ke sumber cahaya lampu atau sinar matahari, jika tidak terdapat serat-serat batunya sudah bisa dipastikan batu combong tersebut palsu

3. Lubang Kasar & Terlihat Alami

Lubang batu combong yang asli memiliki guratan-guratan kasar dan tidak halus. Karena merupakan hasil dari kikisan air yang terjadi secara alami. Sedangkan batu combong yang palsu biasanya memiliki lubang yang halus, karena merupakan hasil dari bor oleh manusia.

4. Ketahui Dari Mana Asalnya

Sebelum memutuskan untuk membeli batu combong, tentu Anda harus mengetahui dari mana asalnya batu tersebut. Maksudnya begini, jika Anda membeli batu combong dari orang yang belum Anda kenal dan belum diketahui kapabilitasnya, Anda perlu berhati-hati.

Untuk itu carilah informasi selengkap-lengkapnya tentang batu combong asli yang akan Anda beli. Semoga informasi diatas bermanfaat.

batu combong

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!