5 Tempat Pesugihan Keramat Di Jawa

5 tempat pesugihan dijawa

Hanya karena terhimpit oleh masalah ekonomi, orang jaman dulu cenderung mencari jalan pintas dengan cara mencari pesugihan. Bahkan beberapa ada yang berani menjadikan sanak keluarganya sebagai tumbal. Saya sendiri heran mengapa ada orang yang sebegitu bodohnya rela menukarkan keluarganya dengan segepok uang.

Jaman pun sekarang sudah berubah menjadi modern. Segala sesuatu sekarang serba digital dan serba praktis. Uniknya pola pikir masyarakat bukannya ikut berkembang, akan tetapi sama saja seperti dulu. Masih mencari jalan pintas dengan cara mencari wangsit di tempat pesugihan.

Tapi mau bagaimana lagi, wong memang dari dulu nenek moyang kita kepercayaan seperti ini sudah mendarah daging. Dan memang sudah menjadi budaya juga bahwa kita dikenal sebagai negara dengan banyak keberagaman. Termasuk dalam keberagaman kepercayaan.

Berbicara tentang tempat pesugihan, tentu tidak jauh dari tempat yang dianggap angker atau mempunyai hawa mistis dari pesugihan. Beberapa tempat pesugihan dibawah ini merupakan tempat yang sangat terkenal dalam dunia pesugihan. Banyak orang gila maupun setengah gila berbondong-bondong datang untuk mencari pesugihan. Berikut adalah 5 tempat pesugihan keramat di jawa :

1. Pesugihan Gunung Kawi

Pesugihan gunung kawi adalah nama yang sudah tidak asing lagi terutama di kalangan spiritualis. Pesugihan yang letaknya di malang ini dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu gunung kawi dianggap sebagai gunung yang memiliki segudang cerita misteri.

Setiap tahun, tak sedikit orang dari seluruh penjuru Nusantara datang dan menziarahi Gunung Kawi. Mereka yang datang biasanya bertujuan untuk mengalap berkah dan mengharapkan datangnya kekayaan dengan jalan pintas melalui ritual pemujaan pada penguasa gaib gunung Kawi.

2. Pesugihan Gunung Kemukus

Tempat pesugihan yang satu ini sangat terkenal sekali, bahkan hingga ke negara lain. Banyak media luar negeri yang datang beberapa kali meliput tempat pesugihan yang terletak di daerah sragen ini. Apa yang menarik dari tempat pesugihan ini adalah adanya syarat berhubungan intim orang yang bukan pasangan sahnya.

Pesugihan gunung kemukus ini sangat ramai dikunjungi oleh para pengunjung pada malam Jum’at Pon terlebih lagi pada malam bulan purnama. Pro dan kontra akan keberadaan tempat pesugihan ini pun ramai di masyarakat. Banyak yang mengatakan bahwa dengan dalih sebagai tempat pesugihan tempat ini juga merupakan tempat prostitusi terselubung.

3. Pesugihan Pantai Slamaran

Tempat pesugihan yang berada di lokasi kota batik Pekalongan ini juga tak kalah terkenalnya. Banyak orang yang mendatangi tempat ini untuk bisa mendapatkan kekayaan yang berlimpah dengan cara lebih cepat dan instan.

Kebanyakan orang yang datang ke tempat pesugihan Pantai Slamaran biasanya ramai pada malam Jumat Kliwon atau kamis Wage, juga pada malam Rabu Pon. Orang-orang yang datang ke tempat ini kebanyakan berasal dari luar pekalongan itu sendiri.

Entah benar atau tidak bahwa pesugihan Pantai Slamaran in hanya di peruntukan bagi orang-orang di luar Pekalongan. Menurut mitosnya bahwa Dewi Lanjar tidak mau memberikan pesugihan kepada orang pekalongan karena masih satu saudara dan satu tanah.

Mereka yang datang pada malam-malam tertentu ke Pantai Slamaran percaya bahwa pada malam tersebut pintu gerbang kerajaan Dewi Lanjar terbuka, sehingga memudahkan mereka untuk meminta kekayaan kepada Dewi Lanjar dengan beberapa resiko yang harus mereka penuhi sebagai syarat nya.

4. Pesugihan Gunung Selok

Mungkin Anda akan merasa kaget ketika mendengar bahwa tempat wisata yang pernah Anda kunjungi yakni Gunung Selok menjadi salah satu tempat pesugihan di Jawa Tegah. Sebab tempat ini menjadi obyek wisata andalan bagi para pencinta alam di Indonesia.

Wilayah Gunung Selok juga banyak terdapat berbagai tempat yang menambah obyek wisata di daerah ini seperti benteng-benteng peninggalan jaman penjajahan dan goa baik yang telah dikelola sebagai tempat wisata maupun goa yang masih alam yang terjadi secara alami.

Meski demikian ada pula orang-orang yang berdatangan tidak untuk menikmati keindahan alam yang ada melainkan melakukan suatu ritual dan laku guna mendapatkan ilmu pesugihan. Berbagai laku dan ritual seperti bertapa atau bersemedi, memberikan sesaji bahkan tumbal menjadi ciri khas para pelaku pencari pesugihan di wilayah Gunung Selok Cilacap Jawa Tengah ini.

5. Pesugihan Pantai Selatan (Pesugihan Nyi Roro Kidul)

Nyi roro kidul merupakan sosok ghaib misterius yang kerap dikait-kaitkan dengan pantai selatan jawa. Ya, keyakinan misteri pesugihan nyi roro kidul banyak dipercaya masyarakat karena Nyi roro kidul disinyalir tinggal dan menjadi ratu di wilayah kerajaan ghaib pantai selatan. Maka tak heran jika ada pula yang menyebutnya dengan sebutan ratu pantai selatan.

 

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!