7 Keris Bertuah Paling Pamor Di Indonesia

keris bertuah

7 Keris Bertuah Paling Pamor Di Indonesia – Keris merupakan senjata tradisional masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat jawa. Jaman dulu keris biasa juga dijadikan sebagai senjata untuk perang.

Selain digunakan sebagai senjata, keris merupakan benda pusaka yang dianggap keramat karena memang dalam pembuatanya, keris biasanya diberi doa-doa ataupun mantra.

Sejarah menceritakan keris sudah menjadi pegangan masyarakat jaman dulu. Dan beberapa keris mempunyai cerita dan tuah yang sangat pamor dan melegenda.

Berikut ini adalah 7 keris yang memiliki cerita dan tuah paling pamor di Indonesia :

1. Keris Omyang Jimbe

keris bertuah omyang jimbe

Keris bertuah yang satu ini bernama Keris Omyang Jimbe. Keris ini dikatakan bertuah dan sering dikatakan memiliki kekuatan mistis. Katanya mampu mendatangkan kekayaan bagi orang yang memilikinya.

Salah satu ciri-ciri dari keris omyang jimbe adalah sepasang ukiran atau relief manusia, yang disebut juga putut atau bajang. Ukiran ini terdapat di sebelah kanan dan kiri dapur keris. Keduanya saling membelakangi, dengan posisi tangan menyembah atau menengadah.

Sebagai tambahan, beberapa keris omyang juga berhiaskan tulisan huruf Jawa, relief pohon beringin, payung dan padi kapas pada bilahnya. Namun ciri tambahan ini tidak selalu ada.

Empu Omyang dipercaya sebagai seorang ahli keris senior yang sangat mumpuni dalam membabar pusaka. Sampai sekitar pertengahan abad kedua puluh, para pemilik keris dapur umyang sengaja mengasapi kerisnya dengan asap kemenyan tiap malam Rabu Pon. Hari dan pasaran ini konon merupakan hari wafatnya sang empu. Namun perlahan-lahan kebiasaan ini telah lama ditinggalkan.

Artikel lengkap tentang keris omyang jimbe bisa Anda baca disini : Keris Omyang Jimbe

2. Keris Mpu Gandring

keris mpu gandring

Sejarah tentang keris bertuah yang satu ini sangat melegenda. Keris pusaka Mpu Gandring tidak hanya terkenal sakti, tetapi juga terkutuk. Diyakini bahwa keturunan Raja Singosari harus ikut menanggung kutukan maut keris pusaka ini.

Keris Mpu Gandring sendiri dikabarkan terbuat dari batuan luar angkasa. Karena itu sifat dan kekuatan logamnya tidak sama dengan besi biasa. Ditambah lagi, Mpu Gandring juga dipercaya memperkuat kesaktian keris pusaka buatannya dengan mantra dan doa-doa.

Selama beberapa ratus tahun sejarah berjalan, Keris Mpu Gandring bisa dibilang lenyap. Tidak ada yang tahu persis dimana letaknya. Sehingga makin hari orang semakin dibuat penasaran saja.

Artikel lengkap tentang keris mpu gandring bisa Anda baca disini : Keris Mpu Gandring

3. Keris Nagasasra Sabuk Inten

Keris bertuah ini dibuat oleh Mpu Supa, yang menempa keris ini sekitar abad kelima belas. Dikisahkan Keris Nagasasra Sabuk Inten merupakan salah satu pusaka Jawa paling melegenda.

Keris Nogo Sosro berwujud bilahan keris dengan luk tiga belas (13 lekukan). Berkepala naga, dengan taburan intan atau emas. Nagasasra adalah jenis kerisnya, sedangkan Sabuk Inten merujuk pada ornamen intan yang menghias keris tersebut. Taburan intan ini disematkan mulai dari leher hingga ujung keris yang meruncing sempurna.

Awal mula dibuatnya keris ini adalah saat di bawah kekuasaan Brawijaya V, Kerajaan Majapahit dapat dikatakan mengalami masa stagnan. Baik dikarenakan ekspansi kerajaan lain, ataupun karena wabah penyakit dan bencana alam yang tidak terelakkan.

Pada masa inilah Prabu Brawijaya memerintahkan pembuatan Keris Nagasasra. Naga Sasra (atau nogo sosro) diniatkan sebagai pusaka yang dapat membawa ketentraman bagi rakyat Majapahit. Terlebih lagi, memang sudah cukup lama Majapahit tidak memiliki pusaka resmi di istana.

Artikel lengkap tentang keris nagasasra sabuk inten bisa Anda baca disini : Keris Nagasasra Sabuk Inten

4. Keris Kyai Sengkelat

keris bertuah kyai sengkelat

Keris bertuah yang satu ini berkaitan erat dengan perjalanan Sunan Kalijaga. Dari beliau, keris sengkelat kemudian menurun pada raja-raja tanah Jawa.

Keris ini ditempa oleh Mpu Supo (atau Empu Supo Mandrangi) yang merupakan utusan Sunan Kalijaga. Oleh Sunan Kalijaga ia diminta membuat sebuah keris dari bahan besi yang ukurannya hanya sebesar kemiri.

Karena bahannya yang entah mengapa sulit dibentuk dengan panas api, Mpu Supo konon membuat keris sengkelat hanya dengan cara memijit-mijit bahan besi tadi saja. Lalu terciptalah sebilah keris berluk tiga belas yang warnanya indah kemerahan. Dikarenakan warnanya yang berkilat merah inilah, Sunan Kalijaga memberi nama ‘sengkelat’, yang memiliki makna bersemu merah.

Mengenai sejarah keris kyai sengkelat bisa Anda baca lengkap disini : Sejarah Keris Kyai Sengkelat

5. Keris Setan Kober

Keahlian membuat keris Mpu Supo Mandrangi memang terbilang sangat melegenda. Selain membuat keris kyai sengkelat, beliau juga membuat keris setan kober.

Keris Setan Kober sendiri dibuat pada masa awal berdirinya Kerajaan Demak. Tadinya dimiliki oleh Sunan Kudus sebelum diberikan kepada murid kesayangan beliau, Arya Penangsang. Keris pusaka ini terkenal ampuh, tetapi membawa hawa panas. Sifat pemarah Aryo Penangsang yang merupakan Adipati Jipang Panolan konon merupakan bawaan keris pusakanya tersebut.

Seperti halnya Keris Mpu Gandring, Keris Kyai Setan Kober juga tidak diketahui keberadaannya. Ada kepercayaan bahwa Keris Setan Kober sebenarnya sengaja dimusnahkan. Karena senjata yang tercatat pernah menewaskan orang-orang penting dianggap sebagai senjata haus darah. Bila tidak dimusnahkan akan membawa banyak kesialan dan nasib buruk.

Penjelasan lengkap tentang keris setan kober bisa Anda baca disini : Keris Setan Kober

6. Keris Semar

keris semar

Keris semar dikenal sebagai sarana pengasihan yang berkhasiat utama untuk meningkatkan daya tarik dan membantu mendatangkan jodoh. Benda bertuah ini digolongkan sebagai pusaka gaib, sekalipun wujud fisiknya adalah buatan tangan manusia.


Baca Juga :


Tidak seperti keris dalam pengertiannya sebagai sebuah senjata, Keris Semar memiliki wujud yang kecil. Pendek dan bahkan tumpul. Sehingga memang ia tidak dapat digunakan untuk menyerang. Semata-mata untuk ‘pegangan’ saja.

Banyak orang yang menggunakan benda ini sebagai jimat untuk pegangan agar bisa mendapatkan seorang yang disukai.

Selengkapnya tentang keris semar bisa Anda baca disini : Keris Semar

7. Keris Wijaya Kusuma

keris wijaya kusuma

Dilihat dari wujud fisiknya saja, Keris Wijaya Kusuma tidak seperti keris biasa. Ukurannya kecil, tak lebih dari sepanjang jari telunjuk orang dewasa. Dewi Sundari memang sengaja menempa Keris Wijaya Kusuma dalam ukuran yang tak seberapa, mengingat keris di jaman sekarang bila ukurannya terlalu besar tentu sulit dijadikan pegangan sehari-hari.

Meski termasuk dalam golongan keris berukuran kecil, tuah Keris Wijaya Kusuma tidak main-main. Masing-masing Keris Wijaya Kusuma didiami oleh khodam penjaga yang mampu menggandakan dirinya sejumlah berapapun banyaknya Keris Wijaya Kusuma yang pernah ditempa. Khodam tersebut bernama Ki Ageng Wijaya Sewu, yang di dunia supranatural dikenal mampu menampakkan diri dalam seribu rupa.

Penjelasan lengkap tentang Keris Wijaya Kusuma bisa dibaca disini : Keris Wijaya Kusuma

jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!