Bambu Gila : Permainan Dengan Unsur Mistik

bambu gila

Permainan bambu gila amat populer di daerah Maluku. Tapi belakangan permainan ini juga banyak dilakukan diperbagai daerah, terutama ketika perguruan tenaga dalam beraliran kontak menjamur hampir di seluruh pelosok tanah air.

Jenis permainan bambu gila ada yang murni menggunakan magis namun ada yang murni menggunakan teknis (alami). Yang menggunakan magis umumnya menggunakan arwah untuk ikut memberikan beban dan menggerakkan bambu tersebut (seperti permainan jaelangkung) namun ada juga yang mempengaruhi batin pemegangnya yang dalam keadaan tersugesti emosi.

Yang kedua inilah yang sering dimanfaatkan kalangan tenaga dalam kontak.

Ditinjau dari sisi ilmiah, mengapa permainan ini bisa membuat pemegangnya tidak terkendali adalah karena yang memegang lebih dari seorang. Sehingga, jika salah satu ada yang kehilangan keseimbangan, maka otomatis yang lain pun ikut terpengaruh.

Adanya kehilangan keseimbangan pada salah satu pemegang justru menjadi pemacu permainan tersebut makin jadi. Apalagi jika disusul oleh para pemegang yang lain.

Orang-orang yang merasa kehilangan keseimbangan, apalagi ia meyakini akan dibawa lari bambu, maka ia akan semakin erat memegang bambu. Akibatnya justru fatal, karena pengerahan tenaga menimbulkan daya dorong tarik dengan yang lain.

Nah, untuk membuktikan, silahkan anda coba untuk mengambil sebatang bambu sepanjang 3 -4 meter. Lalu pegangi beberapa orang.

Untuk pemanfaatan ilmu kontak, pukulan jarak jauh, usahakan salah satu pemegang ada yang menarik getaran emosi. Tujuannya agar menjadi pemicu awal bambu bergerak dan itu memancing reaksi yang lain untuk mempertahankannya.

Jika temyata yang memegang orang lain (penonton) caranya harus dikerjain. Yaitu, masukkan satu atau dua anggota tenaga dalam (orang dalam) yang bertugas untuk memberikan beban pada bambu.

Jika ternyata pemegang sudah mulai bangkit kadar emosinya (emosi pemegang) lakukan getaran-getaran untuk menarik menekan dan mendorong. Hantam pada bagian paling ujung secara bergantian. Sisi kanan didorong, sisi kiri ditarik.

Siapa pun orangnya, jika dalam suasana yang serius akan mudah dipengaruhi getaran tenaga dalam. Oleh sebab itulah, dalam permainan ini harus dipilih orang-orang khusus, yang tidak suka cengengesan.

Jadi, inti dari permainan bambu gila terletak pada bagaimana menghilangkan keseimbangan pemegangnya. Dan secara tradisional ada metode yang mengundang arwah melalui sesaji, tembakau yang dibakar yang tujuannya agar orang-orang yang memegang dipengaruhi keseimbangannya. Untuk main-main dengan arwah kita masih mikir. Makanya pakai akal saja. Toh permainan ini hanya bersifat hiburan.

garam pangruwat

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!