Beberapa Hal Yang Tidak Disukai Tuyul

tuyul tidak suka

Ada beberapa hal yang tidak disukai tuyul. Pertama adalah suara gaduh yang menyebabkan istirahatnya terganggu. Kedua kulit durian dan “tiga benda penolak” terdiri dari kaca cermin, rambut panjang yang sengaja diruwetkan dan kacang hijau.

Tuyul itu lebih suka istirahat pada ruang yang sepi. Pengertiannya, tuyul biasa beroperasi pada lokasi yang rame seperti pasar dan orang punya kerja, tetapi untuk ruang istirahat ia memilih yang sepi.

Tuyul juga tidak suka dengan kulit durian. Ada cara rnembuat tuyul tidak kerasan tinggal pada suatu rumah. Caranya, pintu yang biasa dijadikan jalan keluar masuk itu dijajari kulit durian. Perlu diketahui tuyul mempunyai kebiasaan yang unik. la hanya mau melalui satu pintu. Karena itu jika pintu yang dimanfaatkan untuk keluar masuk itu dijajari kulit durian maka ia bisa ketakutan.

Mungkin pembaca bertanya, bukankah tuyul itu makhluk halus? Benar. Tetapi perlu dimengerti bahwa tuyul itu pada saat-saat’ tertentu merubah bentuknya dalam jasad anak kecil, terkadang telanjang bulat tetapi lebih sering memakai celana pendek.

Menurut seorang pawang tuyul, pakaian yang dikenakan tuyul berwarna sama antara yang atas dan yang bawah. Artinya, kalau bawah hitam maka atas pun berwarna hitam. Sebaliknya, jika yang bawah merah maka yang atas pun merah. Konon, dua warna ini merah dan hitam merupakan warna yang paling disukai kalangan tuyul dan makhluk halus yang lain.


Baca Juga


Dalam suatu diskusi dengan pawang tuyul hampir saja saya (yang kala itu menyamar sebagai calon pembeli) hampir saja ketahuan kedok saya. Ketika si pawang tuyul itu menjelaskan bahwa tuyul memakai baju, saya langsung bertanya, Nah, pakaian itu siapa yang menjahit?

Mendengar pertanyaan kritis itu si pawang tuyul curiga, “Sampeyan ini wartawan apa intel? katanya. Dan karena curiga itu si pawang mulai membatasi keterangan-keterangan yang berkaitan dengan dunia pertuyulan. Tuyul konon juga mempunyai perjanjian untuk tidak mengambil (mencuri) uang yang didekatnya ada tiga benda yang dijadikan satu, yaitu cermin, rambut dan kacang hijau. Sejauh ini tidak ada penjelasan pasti, mengapa ketiga benda ini tidak disukai tuyul.

Ketika saya mencoba mengorek keterangan mengenai hal itu, jawaban yang diterima bahwa hal itu sudah adat hal temurun yang berlaku dalam dunia pertuyulan. Dan itu berlaku sudah sejak zaman di mana saya belum lahir ke dunia ini.

Mengenai suara berisik yang tidak disukai tuyul perlu saya jelaskan bahwa sepanjang berisik itu terjadi di luar rumah tidak menjadi masalah. Ketika saya bertanya, “Kalau rumah orang yang memelihara tuyul itu berdekatan dengan musala atau masjid dan malam hari banyak santri yang latihan musik rebbana, bagaimana?,”

ayat seribu dinar

Tidak masalah. Yang penting suara berisik itu tidak terjadi pada siang hari dan tidak di dalam rumah, jawabnya. Karena menurut pawang tuyul itu, tuyul lebih sering melakukan operasi pada malam hari dan siang harinya beristirahat. Namun demikian ada juga tuyul yang mempunyai jam kerja terbalik tidak sebagaimana umumnya tuyul yang lain. Yaitu siang bekerja dan malam hari tidur.

Jenis dari tuyul yang terakhir ini memilih pasar sebagai daerah operasionalnya. Sedangkan tuyul yang operasi malam hari memilih daerah operasional rumah-rumah penduduk.

batu combong

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!