Belajar Ilmu Ajaran Sunan Kalijaga

Warisan dan ajaran Sunan Kalijaga memang tidak sedikit. Mulai dari tembang hingga wayang, sejarah serta kisah Sunan Kalijaga pun bisa jadi pelajaran. Termasuk dalam peninggalan beliau adalah Ilmu Asmak Kidung. Ajian ini masih bisa dipelajari sampai hari ini.

Letak Makam dan Sejarah Sunan Kalijaga

asmak kidung ajaran sunan kalijagaKadilangu adalah nama daerah tempat Sunan Kalijaga disemayamkan. Lokasinya berada di Demak, Jawa Tengah. Bila dihitung-hitung, Sunan Kalijaga meninggal dunia setelah hidup selama lebih dari seabad. Karena itulah beliau menjadi saksi kejatuhan Majapahit, sekaligus kelahiran Pajang dan Mataram.

Kisah Sunan Kalijaga memang unik. Beliau terlahir dengan nama Raden Said, pemuda yang dalam perjalanannya sempat merampok gudang hasil bumi. Niatnya, hasil rampokan itu ingin beliau bagikan kepada orang miskin. Tetapi biar bagaimana, langkah yang beliau tempuh saat itu tidak dapat dibenarkan oleh Sunan Bonang.

Sunan Bonang inilah yang kemudian menjadi guru Sunan Kalijaga. Agar diterima sebagai murid, Sunan Kalijaga rela menunggui tongkat kayu yang ditancapkan Sunan Bonang di tepi sungai. Sungai dalam Bahasa Jawa disebut kali. Dari sinilah nama Sunan Kalijaga berasal. Karena beliau memang bertapa menunggui sebatang tongkat kayu di pinggir kali.

Bertahun-tahun kemudian Sunan Bonang baru kembali. Ketika itu sekujur tubuh Sunan Kalijaga sudah berbelit sulur tanaman. Tetapi keteguhannya tidak goyah. Ia tetap tidak bergeming, berjaga di tempatnya sampai sang guru mengatakan cukup.

Karya dan Ajaran Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga berdakwah dengan cara yang tidak biasa. Melalui seni, melalui segala sesuatu yang sudah dapat diterima masyarakat sebelumnya. Termasuk gamelan dan seni suara suluk. Pewayangan dan seni ukir juga tidak luput dari jamahan tangan beliau. Wajar bila kemudian ajaran Islam dapat diterima dengan sangat mudahnya oleh masyarakat saat itu.

Sunan kalijaga pula yang merancang tiang tatal Masjid Agung Demak. Salah satu tiang utama ini beliau rancang dari pecahan atau serpihan kayu (tatal), tetapi entah bagaimana tetap menjulang dengan kokohnya. Beliau pula yang merancang tata letak kota pada masa itu. Termasuk penempatan alun-alun beserta keraton, masjid dan pohon beringin yang mengitarinya.

Belajar Ilmu Ajaran Sunan Kalijaga

Anda bisa belajar ilmu peninggalan Sunan Kalijaga. Namanya Ilmu Asmak Kidung. Ajian penolak bala ini memang tetap bertahan selama berabad-abad. Meski memang saat ini tidak semua guru spiritual dapat mengajarkannya. Selain diperuntukkan untuk menjaga diri, Ilmu Asmak Kidung juga berkhasiat untuk membentuk pagar gaib dari segala hal yang tidak diinginkan.

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!