Benarkah Daun Bidara Mampu Mengusir Jin?

daun bidara

Memangnya ada daun yang bisa mengusir Jin? jawabanya ada. Namanya daun bidara. Pohon bidara merupakan pohon kecil yang bisa mencapai tinggi 5-15 meter. Pohon ini juga mempunyai buah, yang dinamakan buah bidara.

Pohon bidara ini menghasilkan buah dengan ukuran kira-kira seukuran kelereng hingga sebesar telur ayam, namun kurang enak dimakan. Mungkin karena faktor rasa inilah sehingga tidak banyak orang tertarik menanamnya.

Pohon yang dikenal sebagai pohon penghuni surga ini tercantum dalam Surat Al-Waqi’ah tentang kelompok kanan dari penghuni surga berada di bawah pohon bidara yang tidak berduri.

Allah SWT berfirman:

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ * فِي سِدْرٍ مَّخْضُودٍ * وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ * وَظِلٍّ مَّمْدُودٍ * وَمَاء مَّسْكُوبٍ * وَفَاكِهَةٍ كَثِيرَةٍ

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,”QS. al-Waqi’ah (56) : 27-32.

Ciri-ciri Daun & Buah Bidara

Salah satu ciri daun bidara adalah ketika diremas akan mengeluarkan busa seperti sabun. Karena inilah sebagian orang dulu menggunakan daun bidara sebagai media untuk membersihkan.

Sebagaimana juga disebutkan dalam Surat di Alquran, daun bidara dianjurkan digunakan sebagai pembersih bagi wanita ketika mandi wajib bersuci setelah haid. Juga dianjurkan untuk menghilangkan najis dari tubuh jenazah yang sedang dimandikan.


Baca Juga :


Pohon bidara termasuk tumbuhan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baik kering maupun basah. Dikutip dari Wikipedia menyebutkan bahwa: kualitas buahnya paling baik jika ditanampada lingkungan yang panas, kaya cahaya matahari, dan cukup kering. Namun saat mengalami musim hujan yang memadai untuk menumbuhkan ranting, daun dan bunga, serta untuk mempertahankan kelembaban tanah selama mematangkan buah.

daun bidara

Khasiat Pohon Bidara

Banyak orang mempercayai khasiat pohon bidara ada di daunnya. Daun bidara ini mempunyai manfaat yang sangat banyak, diantaranya :

1. Daun bidara dapat digunakan untuk mengobati jerawat

Semua orang tahu bahwa banyak manfaat daun bidara termasuk manfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran dan menjaga kulit dari kerusakan. Terutama bagi remaja yang sering mengeluhkan banyaknya jerawat di wajah mereka, selain itu daun bidara ini dapat mengurangi minyak dari kulit wajah bagi yang wajahnya selalu berminyak.

2. Daun bidara dapat digunakan untuk memandikan jenazah

Khasiat daun bidara untuk memandikan jenazah sebenarnya sudah dimulai dari jaman Rasulallah SWA.

Kala itu Ummu ‘Athiyyah Radhiyallahu ‘Anha berkata, “Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa sallam pernah menemui kami sedangkan kami kala itu tengah memandikan puterinya (Zainab), lalu Beliau bersabda: ‘Mandikanlah dia tiga, lima, (atau tujuh) kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara. (Ummu ‘Athiyyah berkata, ‘Dengan ganjil?’ Beliau bersabda, ‘Ya.’) dan buatlah di akhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya.” (HR. Muslim).

3. Daun bidara sangat bagus untuk menguatkan rambut

Sesuai yang sudah disebutkan diatas jika daun bidara digosok maka akan mengeluarkan busa seperti sabun. Kandungan busa inilah yang dipercaya mampu menjadikan rambut menjadi kuat dan bersih.

Benarkah Bisa Mengusir Jin?

Selain khasiat umum yang ada pada daun bidara diatas, ternyata ada khasiat lain yang paling banyak diperbincangkan orang. Yakni daun bidara bisa digunakan untuk mengobati sihir dan mengusir dari gangguan Jin.

Percaya atau tidak banyak dari paranormal dan ustad membenarkan hal ini. Bahwa daun bidara mempunyai manfaat yang baik untuk mengusir jin dan sihir.

Caranya, tumbuklah tujuh helai daun bidara yang masih hijau di antara dua batu, cobek atau sejenisnya, lalu siramkan air diatasnya sebanyak jumlah air yang cukup untuk mandi dan bacakan di dalamnya ayat-ayat al Qur-an.

Setelah membacakan ayat-ayat tersebut pada air yang sudah disiapkan tersebut, kemudian hendaklah dia meminumnya sebanyak tiga kali, dan kemudian mandi dengan menggunakan sisa air tersebut. Dengan demikian, insya Allah penyakit (sihir) akan hilang.

 

garam pangruwat

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!