Doa Agar Hati Tenang, Sabar & Tidak Mudah Cemas

doa agar hati tenang dan tentram

Doa Agar Hati Tenang – Mempunyai jiwa dan hati yang tenang adalah modal untuk menjalani kehidupan normal. Meskipun keadaan fisik sehat dan bugar, akan tetapi jika memiliki hati yang sedang gundah dan tidak tenang, maka hidup tak akan terasa indah.

Hati atau perasaan yang kita miliki ini memang mudah berubah. Ketika ada sebuah permasalahan, hal pertama yang membuat kita berubah adalah hati dan perasaan. Jika bicara tentang hati, maka kita sebenarnya juga membicarakan perihal perasaan dan rasa. Perasaan adalah suatu hal yang membedakan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya, selain akal tentunya.

Beberapa faktor yang menyebabkan hati yang cemas dan tidak tenang adalah masalah pribadi, keluarga, percintaan dan juga pekerjaan. Misalnya adanya masalah hutang yang Anda miliki, pertengkaran dengan keluarga, kecemasan dalam kehidupan percintaan, berbagai macam masalah dengan teman Anda, bahkan beban pekerjaan dan tuntutan dari atasan.


Baca Juga :


Semua itu merupakan hal yang biasa dialami oleh semua orang. Oleh karena itu untuk mengembalikan suasana hati yang gundah gulana adalah dengan membaca doa ketenangan hati. Doa merupakan salah satu cara yang efektif untuk merubah suasana, apalagi jika Anda adalah orang yang taat beragama.

Selain itu doa merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Bagaimanapun hati yang tenang dan tentram adalah miliki Allah SWT.

Berikut ini kumpulan doa agar hati tenang, sabar dan tidak mudah cemas menurut islam :

Doa Agar Hati Tenang Yang Pertama

doa agar hati tenang

Bacaan latin : “Allohumma Inni As Aluka Nafsaan Bika Muthma-Innah, Tu’minu Biliqoo-Ika Watardhoo Bi Qodhooika Wataqna’u Bi’athooika”

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.

Catatan : Bacalah setelah sholat dan wirid.

Doa Untuk Ketenangan Hati Yang Kedua

doa ketenangan hati

Bacaan Latinnya : “Allohumma Innii Au’dzuubika Minalhamma Walkhujni, Wal a’jri, Wakasal, Walbujli Walhubni, Wadolidaini, Walgobatirrojali.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Bacalah kedua doa ketenangan hati diatas sehabis sholat dan wirid, agar hati Anda tidak mudah cemas dan gusar. Semoga bermanfaat.

 

garam pangruwat

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!