Kumpulan Doa Sebelum Ujian Agar Lulus & Berhasil Untuk Pelajar

doa sebelum ujian untuk pelajar

Doa Sebelum Ujian – Salah satu hal yang akan menjadi sebuah penentuan dalam dunia akademik bagi pelajar adalah ujian. Ujian baik itu ujian nasional ataupun ujian semester merupakan hal menakutkan bagi sebagian pelajar. Maklum karena disini lah nasib mereka ditentukan.

Sedikit aneh memang, mengingat perjuangan dalam mengikuti pembelajaran dengan susah payah, akan tetapi nasib lulus dan tidaknya ditentukan pada hari ujian nasional. Banyak para pelajar yang tak jarang stres menjelang dilakukannya ujian tersebut. Karena merasa bimbang, ragu dan perasaan takut jika tidak lulus ujian. Karena akibat ketidaklulusan tersebut akan berbuah malu dan tentu saja dicap sebagai seorang pelajar yang gagal.

Miris memang melihat pendidikan di negeri kita yang masih kuno seperti ini. Tapi bagaimana lagi? kita baik sebagai pelajar maupun orang tua harus bisa menjalankan peran kita masing-masing. Urusan aturan pendidikan biarlah pemerintah yang mengatur, kita hanya bisa mematuhi dan menjalankannya.

Doa Sebelum Ujian

Waktu sebelum ujian adalah dimana Anda yang sebagai pelajar menghabiskannya untuk belajar sekaligus memperbanyak pengetahuan tentang materi. Namun terkadang sebanyak apapun Anda belajar dan menghafal materi, ada saja perasaan ragu dan bimbang saat sebelum ujian. Perasaan bimbang dan ragu inilah yang harus Anda atasi sebelum ujian, karena hal ini bisa menggangung kelancaran dalam mengerjakan soal.


Baca Juga :


Untuk itu disini kami akan memberikan kumpulan doa sebelum ujian untuk Anda yang pelajar agar senantiasa dimudahkan urusannya.

Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Mengikuti Ujian

Untuk doa sebelum ujian disini adalah khusus untuk Anda yang akan mengikuti ujian tertulis. Bacaan doanya adalah sebagai berikut :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa Menghadapi Ujian Agar Ditambah Pengetahuan Yang Lebih

Dalam menghadapi ujian tentu saja yang Anda butuhkan adalah pengetahuan yang luas. Untuk itu bacalah doa sebelum ujian dibawah ini agar ditambah pengetahuannya :

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

RABBI ZIDNII ‘ILMAA

Artinya : “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114.

Doa Menghadapi Ujian Untuk Kelancaran Lisan

Dalam sebuah ujian terkadang ada yang tertulis ada pula yang dilakukan secara lisan. Untuk Anda yang sedang menghadapi ujian secara lisan, bisa membaca doa dibawah ini agar diberi kemudahan berupa kelancaran lisan.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28).

Bacalah ketiga doa diatas sebelum ujian berlangsung. Bacalah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika hanya menghadapi ujian tertulis, maka cukup membaca dua doa sebelum ujian diatas. Sedangkan untuk yang hanya ujian lisan cukup membaca doa yang terakhir. Akan tetapi jika Anda tetap membaca ketiga doa diatas sebelum ujian juga tidak masalah.

Semoga bermanfaat.

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!