Memahami Makna : Kemiskinan Bukanlah Kesialan

kaya miskin

Ada kesan, kemiskinan oleh masyarakat kita diidentikkan dengan kesialan.

Itu pendapat yang salah kaprah. Allah itu Maha Memberi namun juga Maha Bijaksana. Karena kebijaksanaan-Nya, tidak setiap hamba diberi nikmat yang sama. Ada yang dibuat miskin, ada pula yang dibuat kaya. Justru perbedaan kaya miskin itu terletak keadilan Allah.

Adanya kaya miskin itu menyebabkan setiap orang saling membutuhkan. Bayangkan! Kalau orang itu kaya semua, kalau ada pesta pernikahan, siapa yang cuci piring? Sebaliknya, jika orang itu miskin semua, siapa yang membiayai pesta pernikahan itu.

Allah dan Rasulnya menyarankan orang untuk berikhtiar menjauhkan diri dari kefakiran tujuannya agar orang tidak bersikap tamak dan malas. Soal setelah ikhtiar mencari rezeki itu antara satu orang dengan yang lain mendapatkan jumlah yang berbeda, ya anggap saja itu kebijaksanaan dari Allah.

Saya punya kenalan yang sejak mudanya dulu, setiap duitnya banyak dipastikan punya wanita simpanan. Memasuki usia 40 tahun, hidupnya sulit. Zaman muda dulu pernah mendaftar di Kepolisian tetapi ditolak dan sekarang menjadi petani.

Suatu hari dia berkunjung ke tempat saya. Dia mengatakan sangat bersyukur dengan kemiskinan yang dialaminya. Dia berkata, “Andaikan sayajadi orang kaya, mungkin dosa-dosa saya makin bertumpuk. Andaikan dulu saya jadi Polisi, mungkin saya malah selalu berbuat zalim karena saya pegang pistol. Tuhan menolong saya dengan kemiskinan ini. Karena miskin, tiap hari saya sibuk ngurus sawah dan kebon. Karena sering terdesak ekonomi, saya sering berdoa kepada Allah.

Berarti kemiskinann itu bukan suatu kesialan?

Tergantung dari sudut pandang seseorang yang menilainya. Rezeki itu sangat misterius. Ikhtiar yang keras ternyata tidak menjamin keberhasilan meraih kekayaan.

Faham ini jangan diartikan untuk bermalas-malasan. Islam menghargai orang yang keras dalam bekerja. Allah lebih suka dengan seorang hamba yang kuat daripada hamba yang lemah. Hadis pun menyebutkan, kefakiran itu mendekatkan diri pada kekufuran.

batu giok pengasihan

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!