Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Jawa Yang Perlu Anda Patuhi

pantangan ibu hamil

Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Jawa – Wanita hamil merupakan orang yang pada saat tertentu perlu perhatian lebih dalam menjaga kesehatannya. Hal ini dilakukan tak lain adalah supaya kehamilannya lancar dan tidak terjadi hal yang buruk dan tidak diinginkan. Oleh karena itu beberapa orang tua memberikan pantangan bagi anaknya dalam keadaan hamil.

Secara tidak langsung seorang ibu akan cerewet bila seorang anak perempuannya sedang hamil. Mereka akan menerapkan pola aturan yang membuat sang anak berhati-hati dalam menjaga kandungannya. Bahkan terkadang pantangan tersebut tidak harus untuk sang wanita hamil saja, suami pun harus mematuhi beberapa pantangan tertentu agar si jabang bayi yang berada dalam kandungan ini tidak mengalami masalah pada kemudian hari.

Pantangan ibu hamil ini berisi larangan yang perlu dipatuhi saat masa kehamilan. Dalam adat jawa atau kejawen, pantangan ibu hamil ini harus dipatuhi karena jika tidak, bisa terjadi hal yang tidak diinginkan yang akan mengganggu sang bayi dalam kandungan.


Baca Juga :


Meskit beberapa pantangan ibu hamil menurut adat jawa ini tidak masuk akal, akan tetapi kebanyakan manjur dan benar adanya. Entah karena sebagian sugesti atau hanya dihubung-hubungkan saja, akan tetapi pantangan yang dilanggar biasanya akan terjadi yang akan merugikan sang ibu hamil.

Oleh karena itu berikut ini beberapa pantangan ibu hamil menurut ada kejawen yang perlu Anda patuhi :

1. Pantangan Ibu Hamil Untuk Duduk Terlalu Lama

Dalam adat jawa ibu hamil dianjurkan untuk tidak duduk terlalu lama. Menurut ilmu kejawen jika pantangan ini dilanggar maka kedepannya akan mengalami kesulitan dalam persalinan. Untuk itu sebaiknya Anda jangan duduk terlalu lama saat sedang hamil.

2. Pantangan Duduk Ditengah-tengah Pintu

Selain dilarang untuk duduk terlalu lama, ibu hamil dilarang untuk duduk di tengah-tengah pintu. Mereka percaya duduk di tengah pintu akan membuat proses persalinan akan berjalan sulit karena bayinya akan berhenti keluar ketika sudah keluar setengah.

3. Pantangan Mandi Saat Malam

Menurut adat kejawen masyarakat jawa, seorang ibu hamil tidak diperbolehkan mandi saat malam. Mereka pada umumnya harus sudah mandi di sore hari. Terdengar tidak masuk akal sepertinya memang. Akan tetapi secara medis, mandi saat dingin malam akan membuat saluran keluarnya bayi menjadi menyusut dan menyempit, yang tentu saja akan mengakibatkan sulit dalam persalinan.

4. Pantangan Membunuh Hewan

Dalam adat Jawa membunuh hewan seperti kodok, cicak, menyembelih ayam, ikan, atau hanya sekedar mengikat kaki burung menggunakan seutas benang rupanya juga dilarang bagi ibu hamil dan juga suaminya. Hal ini karena dikhawatirkan janin yang dikandungnya akan mengalami hal seperti hewan yang diperlakukan oleh ibunya.

5. Pantangan Makan Jantung Pisang

Jantung pisang seperti yang kita tahu bisa dijadikan makanan yang sangat lezat. Bisa jadi sambal atau sayur yang enak. Akan tetapi ternyata menurut ada kejawen jantung pisang merupakan pantangan bagi ibu hamil. Karena menurut orang jawa jaman dulu menyatakan dikhawatirkan janinnya akan menyusut ukurannya seiring berjalannya waktu sama seperti jantung pisang.

6. Pantangan Mengikat Handuk Di Leher

Kebanyakan orang jawa dulu maupun sekarang suka melingkarkan atau mengikatkan handuk dileher sebelum mandi. Entah apa sebenarnya maksudnya ini, akan tetapi kenyataannya kita sering melakukannya. Hal ini ternyata merupakan pantangan bagi ibu hamil. Karena jika dilanggar dikhawatirkan dapat menyebabkan janinnya terikat oleh tali pusar sehingga menyulitkan proses persalinan.

7. Pantangan Memaki Orang Lain

Sebenarnya tidak pada saat hamil pun kita dilarang untuk memaki orang lain dengan alasan apapun. Akan tetapi terutama bagi wanita hamil ini adalah pantangan berat. Karena umpatan atau makian bisa membuat orang sakit hati, dan berbalik mendoakan hal buruk bagi kehamilan.

8. Pantangan Makan Mangga Kweni & Durian

Bukan hanya menurut adat Jawa, makan buah mangga kweni dan durian memang secara medis juga dilarang bagi ibu hamil. Buah durian misalnya, ia mengandung senyawa alkohol yang dapat membuat ibu hamil mengalami kontraksi dan berpotensi menyebabkan kandungannya keguguran.

9. Pantangan Menutup Lubang

Menurut adat jawa, seorang Ibu hamil dilarang menutup lubang apapun. Lubang sumur, lubang ember, lubang panci dan lain sebagainya. Agak tidak masuk akal memang. Akan tetapi inilah ilmu kejawen, terkadang ada hal yang tidak masuk akal didalamnya.

10. Pantangan Menginjak Kotoran Hewan

Seorang Ibu hamil tidak boleh menginjak kotoran hewan seperti kerbau, ayam, kambing dan lain sebagainya. Dalam ilmu medis pun memang dilarang, karena beberapa bakteri bisa saja masuk melalui pori-pori kulit kaki, dan masuk ke tubuh yang akan berakibat tidak baik bagi kehamilan.

Demikianlah beberapa pantangan ibu hamil menurut adat jawa / kejawen. Sebagian memang ada pantangan yang tidak masuk akal, akan tetapi banyak yang secara medis memang tidak baik. Silahkan jika Anda ingin mengikuti aturan kejawen ini atau tidak. Akan tetapi selalu jaga kesehatan kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.

jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!