Tuyul Hanya Sebuah Alat, Otaknya Ya Manusia

pesugihan tuyul

Sebagian orang yang memiliki daya linuwih (paranormal) ternyata ada yang mengutarakan rasa ketidaktegaannya untuk menyiksa tuyul. “Bagaimanapun, tuyul itu ciptaan Allah, ia tidak akan pernah ada kalau tanpa kehendak-Nya,” kata seorang rekan yang tinggal di Jatingaleh Semarang.

Rekan yang keberatan disebut jati dirinya itu mempunyai pendapat berbeda mengenai tuyul. la menolak keyakinan yang telanjur diyakini masyarakat bahwa penghasilan tuyul tergantung dari nilai transaksinya.

“Bohong itu, itu hanya cara dukun atau pawang tuyul untuk memperkaya diri,” katanya. Menurutnya, dengan memberikan keyakinan semacam itu maka peminat (calon pembeli) pasti memilih harga tuyul yang mahal dengan pertimbangan uang yang dilepas akan kembali dalam satu hari.

Sependapat dengan penulis, rekan itu justru lebih menunjuk bahwa tuyul tidak lebih dari sekedar alat. Artinya, ia tidak mencuri jika tidak ada yang memerintahnya.


Baca Juga


Rekan penulis ini mempunyai pengalaman yang unik tentang tuyul. la mengisahkan pernah dalam suatu malam (malam Jumat Kliwon) saat menjelang tidur diganggu oleh tuyul. Karena gangguan itu tidak digubris, tuyul meningkatkan gangguannya dengan cara mengencinginya.

Rekan itu kemudian menangkap tuyul. Ketika ketangkap itu si tuyul menangis dan ketika ditanya anak siapa, ia menyebut anak mbok R yang tinggal tak jauh dari kediaman rekan itu.

“Saya lepaskan kamu dengan janji agar besok bisa mengantarkan saya menemui majikanmu,” kata rekan penulis. Maka tuyul pun menyetujuinya dengan janji rekan penulis disarankan untuk datang pada suatu tempat (lokasi sawah) tepat pukul tiga sore.

Apa yang dijanjikan itu terbukti benar. Mbok R datang tepat pada jam yang ditentukan dengan kedua tangan di punggung, pertanda ia sedang menggendong tuyulnya.

Menurut rekan saya itu, tidak selamanya tuyul menampakkan diri dalam bentuk anak kecil. la yakin, yang namanya makhluk halus memiliki kemampuan mencala putra mencala putri, yaitu kemampuan merubah bentuk fisik (penjelmaan) sesuai yang dikehendaki.

Karena itu, menurutnya, tuyul bisa merubah dirinya menjadi binatang terutama tikus dan anjing. Bahkan ia mengisahkan pernah memburu anjing yang merupakan bentuk penjelmaan dari makhluk halus.

Menurut rekan itu, transaksi tuyul di Jawa Tengah pusatnya ada di daerah Bayat, Klaten. la lupa nama desanya, tetapi dari Bayat masih naik ke atas (gunung) dan menurutnya, pawang yang ahli tuyul itu sudah meninggal dunia.

Pesugihan Tuyul

Walau banyak mengetahui seluk beluk tuyul, rekan ini lebih suka menyebut dengan istilah yang lebih universal (umum) yaitu, pesugihan tuyul. la menyebut demikian karena makhluk halus yang mengikuti seseorang yang memuja suatu tempat keramat (angker) diikuti oleh makhluk gaib. Dan karena sifat makhluk gaib yang mencala putra mencala putri itu menyebabkannya tidak berbentuk satu jenis saja.

Ketika ditanya apakah sang majikan bisa melihat dengan jelas makhluk halus piaraannya? Rekan itu menjawab, pasti bisa. Sedangkan orang lain yang ingin melihatnya harus melalui laku batin yang cukup berat. ltupun bukan suatu jaminan akan keberhasilannya.

ayat seribu dinar

Tentang keyakinan bahwa ketika makhluk halus semacam pesugihan tuyul itu disiksa orang lain kemudian rasa sakitnya pindah ke majikannya, rekan ini tidak berani memastikannya. “Bisa iya, bisa juga tidak,” jawabnya.

Sayang, rekan saya ini agak tertutup. Dengan dalih menjaga kode etik sesama paranormal, ia lebih suka “‘menyembunyikan” diri.

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!