Pesugihan dan Berbagai Perniknya

pesugihan dan berbagai perniknya

pesugihan dan berbagai perniknyaPesugihan – Dalam kebudayaan masyarakat Jawa, fenomena pesugihan sudah menjadi sejarah sejak lama. Sejak zaman kerajaan Mataram (Kartasura) sampai zamaan kemerdekaan, pesugihan tetap saja menjadi salah satu fenomena sosial.

Pesugihan dan Spiritual Kejawen

Pesugihan menurut konsep spiritual kejawen, laku pesugihan yang termasuk jalus pengiwa seperti ilmu pengasihan (pelet) dan lain sebagainya. Menurut Paranormal Gus Murty dan Rojali (juru kunci makam Inden, Malang) menyatakan bahwa yang dilakukan para pengikut ilmu pesugihan kebanyakan dari mereka adalah bentuk manifestasi kaum iblis.

Pesugihan

Pesugijan yang umumnya dimaknai mencari “kekayaan” materi berlimpah secara tidak wajar istu selalu dikaitkan dengan kekuatan gaib dan sering menuntut pengorbanan, imbalan, serta tumbal baik orang lain maupun anggota keluarga sendiri.

Namun, pesugihan jenis itu sudah banyak ditinggalkan. Pada zaman sekarang orang lebih memilih pesugihan putih atau pesugihan islami. Dimana laku pesugihan tidak perlu bersekongkok dengan iblis atau setan. Namun ada amalan tertentu yang harus dijalani tanpa merusak iman seseorang atau menyekutukan Tuhan.

batu giok pengasihan
  • Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

error: Content is protected !!