Tempat Pesugihan Gunung Kawi

tempat pesugihan gunung kawi

tempat pesugihan gunung kawiTempat Pesugihan Gunung Kawi – Banyak sekali tempat tempat seperti makan, goa, gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat sebagai tempat mencari pesugihan. Salah satunya adalah Gunung Kawi yang sudah dikenal masyarakat sebagai tempat pesugihan gunung kawi.

Tempat Pesugihan Gunung Kawi

Fenomena pesugihan mencerminakan keadaan nyata perekonomian bangsa Indonesia, terutama Jawa, yang kurang memberikan harapan bagi seluruh masyarakat kelas bawah. Hingga kehidupan garis kemiskinan ini kemudian memicu msyarakat kelas bawah untuk mempercayai hal hal gaib, seperti pohon besar, batu, makam, besi bertuah, patung, maupun tempat tempat yang dianggap kramat.

Adapun tempat tempat kramat yang lazim dikunjungi oleh para peziarah atau pelaku ritual pesugihan antara lain Goa Gedung Manik, Goa Landak, dan Goa Lalay; Gunung Kawi, Makam Eyang Haji Gentar Bumi; Pantai Laut Selatan; Sendang Kuning; Makam Fatimah binti Maimun; Sendang Ontrokewulan (Gunung Kemukus); Makam Eyang Qobul; dan tempat tempat pesugihan lainnya.

Pesugihan Gunung Kawi

Sebagai orang yang punya akal dan beriman, tentunya tidak akan mencari pesugihan seperti di tempat pesugihan gunung kawi. Namun berdasarkan latar belakang sejarah, bahwa jauh sebelum islam masuk ke Indonesia, kultur masyarakat telah tertanam faham animisme dan dinamisme, sehingga budaya mistis tersebut justru dirangkul dan diselaraskan perlahan-lahan. Dan tidak semua anggota masyarakat bisa terlepas dari pengaruh dunia mistis yang terkait dengan makhluk gaib. Karena itulah informasi solusi pesugihan yang aman adalah dengan menggunakan pesugihan putih atau pesugihan islami.

jimat pelarisan

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!