Apa itu Khodam, Apa Saja Jenis Khodam Yang Sering Dijumpai?

khodam pendamping

Oleh : Dewi Sundari

Salam rahayu, dengan Dewi Sundari disini.

Pernahkah Anda mendengar istilah khodam? Banyak dari Anda, saya yakin pasti sudah pernah mendengar istilah ini. Terutama dalam kaitannya dengan benda-benda pusaka atau benda-benda bertuah tertentu, yang dipercaya ada penunggunya.

Nah, khodam ini sebenarnya apa?

Apa itu Khodam?

Istilah khodam berasal dari kata dalam Bahasa Arab, khodim, yang artinya adalah pembantu. Jin khodam artinya jin pembantu. Atau kalau orang Jawa bilang, perewangan. Disebut khodam, karena jin ini berkawan dengan manusia, dan bersedia untuk membantunya, dalam hal-hal yang semestinya tidak bisa dilakukan manusia biasa.

Cara khodam membantu manusia adalah dengan menyalurkan energinya. Sehingga orang yang bersangkutan mendapatkan berbagai manfaat, baik itu di ranah percintaan, karir, kerezekian, penyembuhan, jabatan dan lain sebagainya.

Khodam sendiri jenisnya ada macam-macam. Dan di pembahasan kali ini, akan saya sebutkan empat jenis khodam yang paling banyak dijumpai.

1. Khodam Pendamping

Pertama adalah khodam pendamping. Ini adalah jenis khodam yang diciptakan Tuhan untuk mendampingi manusia. Seringnya, khodam pendamping ini secara tidak sengaja mengikuti atau mendampingi seseorang yang ia kehendaki. Entah itu di sebelah kanan, kiri, belakang, atas, atau sisi lain.

Umumnya, khodam pendamping tertarik pada mereka yang berilmu. Misalnya orang-orang yang rajin beribadah, berdoa, bertirakat dan lain sebagainya. Tentu ia tidak akan segan-segan memberikan pertolongan, manakala orang yang didampingnya tersebut membutuhkan.

2. Khodam Leluhur

Kedua, adalah khodam leluhur. Artinya, roh leluhur yang sudah meninggal dan menjadi khodam. Dipercaya bahwa jenis khodam ini akan menjaga setiap kerabat atau keturunannya yang memiliki kedekatan secara emosional.

3. Khodam Pusaka

Ketiga, khodam pusaka. Merupakan jenis khodam yang menghuni atau menempati benda-benda pusaka tertentu. Contohnya, keris, tombak, dan macam-macam tosan aji lain.

Selain tosan aji, pegangan lain yang sering dianggap berkhodam adalah batu mustika, dan benda-benda bertuah semacam bambu pethuk, rantai babi, apel jin, wesi kuning, kantong macan, keong buntet, dan lain sebagainya.


Baca Juga :


Umumnya, khodam-khodam ini datang sendiri kedalam benda-benda bertuah tersebut. Meskipun tidak jarang, mereka sengaja dihadirkan atau diundang untuk mengisi benda bertuah tadi.

4. Khodam Ilmu

Keempat, khodam ilmu. Khodam ilmu maksudnya adalah khodam yang berasal dari amalan ilmu seseorang. Sifatnya khusus, karena ia hanya bersedia menjalankan tugas dari orang yang memiliki ilmu tersebut.

Ilmu seperti inilah yang kemudian disebut sebagai ilmu khodam. Meskipun banyak yang mempelajari, tetapi kenyataannya tidak semua pengamal ilmu khodam berhasil mendapatkan khodam yang dikehendaki. Karena selain amalan, biasanya juga dipersyaratkan seperangkat lelaku untuk menamatnya ilmunya tersebut.

Itu tadi, empat jenis khodam yang dapat saya sebutkan. Semoga menjadikan wawasan bagi Anda, dan apabila ada yang ingin ditambahkan, boleh dituliskan di kolom komentar. Demikian dan salam rahayu.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari dibawah ini

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Bacaan Paling Dicari:

error: Content is protected !!

telegram dewi sundari