Khasiat Keris Lurus Yang Tak Banyak Diketahui Orang

khasiat keris lurus

Oleh : Dewi Sundari

Salam rahayu, dengan Dewi Sundari disini

Bahasan saya kali ini adalah seputar keris. Senjata tradisional Jawa ini umumnya kita kenal dari bentuknya yang khas. Berkelok-kelok seperti ular. Lekukan ini kita sebut sebagai luk.

Sayangnya banyak orang belum tahu, bahwa tidak semua keris punya luk. Ada jenis keris yang tidak punya kelokan, alias berbentuk lurus dan pendek. Inilah yang kita sebut keris lurus.

Keris lurus ini, umumnya adalah keris lama, dan sudah ada sebelum keris yang berkelok-kelok.

Awalnya, keris lurus dibuat dengan bentuk yang cukup sederhana. Baru setelah jaman mulai berkembang, bilah keris lurus dihias dengan macam-macam motif atau pamor.

Makna spiritual keris lurus, adalah sebagai sarana pemujaan kepada sang pencipta. Agar si pemilik keris selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa, tekun beribadah, dan senantiasa berada di jalan yang lurus.

Keris lurus juga banyak dipakai dalam sesajen, dalam ritual-ritual pemujaan, dengan harapan agar doa-doanya lebih cepat sampai kepada Sang Pencipta. Jadi bagi seorang pemilik keris lurus, pusaka ini tidak sekedar berfungsi sebagai senjata. Tetapi juga sarana kerohanian.

bulu perindu sukma

Sesajen yang disediakan ketika berdoa, itu bukan berarti kita mereka memberi makan atau persembahan kepada penunggu keris. Kepada khodam. Bukan. Sesajen merupakan simbol ajaran dan tuntunan hidup. Tiap-tiap benda atau makanan yang disertakan dalam sesajen, punya maknanya masing-masing.

Termasuk si keris lurus ini. Yang diniatkan agar si pemilik selalu ingat kepada Tuhan dan menapak jalan yang benar.

Makanya, keris lurus sering juga ikut dilarung, dalam ritual-ritual pembersihan diri. Termasuk ruwatan sengkala, ritual bersih desa dan lain sebagainya.

Dalam penempatan sehari-harinya, keris lurus digunakan juga sebagai keris tindih. Artinya, dia disimpan bersama pusaka-pusaka yang lain, sebagai peredam aura panas dari pusaka yang lain tersebut.

Inipun ada filosofinya sendiri.

Keris lurus, adalah keris kuno. Keris yang sudah ada dari jaman dulu sekali. Maknanya, orang tua harus bisa meredam dan mengarahkan anak muda. Agar emosinya yang sering menggebu-gebu, tidak lantas menyesatkannya. Itulah yang dimaksud, ketika orang jaman dulu berkata, bawa keris lurus baiknya dijadikan tindih bagi pusaka yang lain. Untuk meredam energi panasnya, menyeimbangkan keganasannya.

Sampai disini saya rasa sudah cukup bahasan kita tentang keris lurus. Semoga menjadikan pengetahuan baru bagi kita, sampai jumpa dan salam rahayu.

 


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari dibawah ini

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

error: Content is protected !!

telegram dewi sundari