Makna Bulan Ruwah Menurut Orang Jawa

Bagi Anda yang orang Jawa, pasti tahu yang namanya bulan Ruwah. Bulan ini adalah bulan sebelum bulan puasa atau bulan Ramadhan. Tetapi mungkin tidak banyak dari kita yang tahu, ruwah ini maksudnya bagaimana.

Kalau dulu, atau setidaknya dibeberapa daerah tertentu, ketika bulan ruwah biasanya di rumah akan ada masak-masak, untuk kemudian diantarkan kepada tetangga, keluarga dan kerabat. Sekarang tradisi semacam ini tidak semuanya dapat mempertahankan.

Bagi orang Jawa sendiri, ruwah sering diterjemahkan sebagai Meruhi Arwah, yang artinya adalah memaknai keberadaan para roh arwah. Itulah mengapa, pada bulan ruwah, banyak orang Jawa melakukan ritual nyekar, atau nyadran, ke makam para leluhurnya.

Tradisi ini, merupakan suatu bentuk penghormatan kepada para arwah leluhur atau keluarga yang sudah berpulang. Berdasarkan kepercayaan Jawa, puncak ritual Ruwahan lazim dilakukan sejak tanggal 15 hingga akhir bulan Ruwah. Rentang waktu inilah, yang dianggap paling tepat untuk menjalin hubungan spiritual lewat penghormatan.

Penghormatan ini, dilakukan lewat prosesi nyekar. Yakni menaburkan bunga ke pusara makam para leluhur, atau ke nisan kubur keluarga yang sudah berpulang. Sekaligus disertai pemanjatan doa, untuk memintakan ampun atas segala dosa dan kesalahan arwah para leluhur.

Harapannya, adalah agar para arwah leluhur tersebut dapat diterima kembali di sisi Tuhan.

batu giok pengasihan

Baca Juga :


Ruwahan, ada juga yang diikuti dengan menggelar kenduri atau selamatan, sebagai suatu bentuk sedekah pada masyarakat di lingkungannya. Dalam kenduri tersebut, disertakan makanan berupa kolak, apem, dan ketan, sebagai kelengkapan untuk memanjatkan doa permohonan.

Ada juga yang menjalankan ritual ruwahan dalam bentuk kerja bakti bersih makam, secara guyub, gotong royong antar warga. Di daerah Anda sendiri, adakah tradisi Ruwahan yang masih bertahan? Bila ada, seperti apa? Boleh ceritakan di kolom komentar.

Kurang lebihnya itulah tadi yang dapat saya sampaikan, seputar makna bulan ruwah, sekaligus ruwahan, dalam tradisi Jawa. Semoga menjadikan wawasan yang bermanfaat untuk Anda.

 


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari dibawah ini

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

error: Content is protected !!

telegram dewi sundari