Walisongo: Karomah dan Kesaktian yang Dimiliki

Berbicara tentang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, pasti tidak lepas dari para Walisongo yang mempunyai peran dalam hal tersebut. Ketika menyebarkan ajaran agama pun, para wali sering mendapatkan perlawanan dari berbagai pihak seperti kerajaan yang berkuasa pada saat itu. Tetapi para wali melakukan perlawanan dengan gigih menggunakan karomah yang dimiliki.

Berbagai Karomah dan Kesaktian Walisongo

1. Legenda Walisongo  yang Melakukan Penyerangan pada Pasukan Majapahit

Legenda-legenda ini berasal dari sebuah Kitab Walisongo dengan Langgam Durma. Adapun legenda yang terkenal itu di antaranya seperti berikut:

  • Tikus berjumlah jutaan keluar dan menyerang semua pasukan Majapahit, ketika Sunan gunung Jati mengibaskan sorban yang dimiliki.
  • Keris yang dihunuskan dari sarung milik Sunan Giri mengeluarkan lebah yang ribuan jumlahnya. Lebah-lebah tersebut menyengat pasukan dari kerajaan Majapahit. Sehingga membuat para pasukan berlarian karena diserang lebah.
  • Peci yang dimiliki oleh Sunan Bonang bisa mengeluarkan jutaan senjata, senjata tersebut langsung menghantam para pasukan Majapahit.

2. Legenda Tentang Karomah dan Kesaktian Para Wali

Sunan Giri

  • Beras disabda menjadi sebuah selendang tenun dari Bali.
  • Pasir diubah menjadi beras.
  • Kerikil diubah menjadi mutiara-mutiara permata yang bernilai.
  • Ketika kalam sedang dipakai menulis dilemparkan ke pasukan Majapahit, kalam tersebut berubah menjadi keris dan bisa menghancurkan atau mengalahkan para pasukan.
  • Tentara Majapahit yang merusak dan membongkar makam Sunan Giri berlarian kalang kabut dikarenakan dari dalam makam keluar jutaan lebah yang menyerang mereka.

Sunan Bonang

Sunan Bonang berguru pada Sunan Ampel yang merupakan ayahnya ketika masa mudanya. Sunan Ampel dikenal berilmu pengetahuan tentang agama Islam yang tinggi. Pada masa mempelajari ilmu agama di pesantren milik sang ayah, Sunan Bonang mempunyai teman dekat Sunan Giri dikarenakan memang belajar di satu pondok yang sama.

batu combong

Karomah Walisongo yang dimiliki oleh Sunan Bonang salah satunya yaitu buah aren dapat diubah menjadi emas. Karomah yang dimiliki itulah yang membuat brandal Lokajaya bertobat kepadanya pada saat hendak merampok. Hal tersebut membuat Lokajaya berguru pada Sunan Bonang ada akhirnya.

Sunan Kudus

Sunan Kudus yang menyerang Terung dengan prajuritnya yang berjumlah 7 orang, namun adipati Pecat Tondo melihatnya seperti membawa prajurit yang jumlahnya ribuan. Sehingga membuat sang adipati menyerah secara langsung bahkan tanpa adanya kekerasan bersenjata.

Sunan Kalijaga

  • Bisa membuat ayam tukung ayam panggang ( ayam yang brutunya sudah hilang) hidup kembali.
  • Membuat ikan Gurame yang hanya tinggal tulangnya (daging ikan sudah dimakan) saja hidup kembali.
  • Bertemu dan mencari ilmu kepada Nabi Khidir di Lulmat Agaib. Nabi Khidir menjelma menjadi anak kecil (bocah bajang) dan memberikan Sunan Kalijaga wejangan tentang ammarah, lawwamah, muthmainnah, dan sufiah.
  • Sebingkah tanah diubah menjadi emas langsung di hadapan adipati Pandanaran, hal itu untuk menunjukkan bahwa harta benda seperti emas merupakan perkara yang sebenarnya gampang dicari. Namun, harta yang dicari menjadi penghalang seseorang kembali pada Allah SWT.
  • Mempunyai sebuah baju sebagai hadiah dari peninggalan nabi Muhammad SAW, yang bernama Kiai Antakusuma. Baju tersebut akan selalu berubah warnanya sesuai dengan warna kesukaan orang yang memandang.
  • Biji besi yang pada mulanya hanya sebesar biji asam, bisa diubah hingga menjadi sebesar gunung.

Anda pasti pernah mendengar peran para wali dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa memang besar. Tidak hanya menggunakan karomah, musuh-musuh yang menentang penyebaran ajaran agama Islam pada saat itu berhasil dikalahkan oleh kesaktian Walisongo. Sunan Kalijaga sendiri adalah salah satu di antara para wali yang mempunyai banyak cerita legenda.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari dibawah ini

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

error: Content is protected !!

telegram dewi sundari